Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merekam Audio Pada WIndows 10

Apakah kamu ingin merekam suara di laptop dengan mudah dan hasil yang jernih? Pasti kamu mejawab iya ! tidak mungkin menjawab tidak ! karena audio hasil rekaman haruslah jernih dan jelas.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara merekam suara di laptop dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows 10 atau aplikasi pihak ketiga yang gratis dan berkualitas.

Merekam Suara di Laptop dengan Aplikasi Bawaan Windows 10

Windows 10 memiliki aplikasi perekam suara bawaan yang bernama Voice Recorder. Aplikasi ini cukup sederhana dan mudah digunakan untuk merekam suara dari mikrofon eksternal atau internal laptop.


Sebelum proses perekaman, terlebih dahulu kamu harus mengatur input audio pada komputer, langkahnya adalah :
  1. Ketik di kolom Run ' Sound Settings '.
  2. Pilih input Stereo Mix soundcard onboard. Jika menggunakan soundcard external sesuaikan dengan tipe kartu suara kamu.

Setelah selasai kamu tinggal exsekusi saja, langkah-langkahnya cara merekam suara di laptop dengan Voice Recorder:
  1. Pastikan kamu sudah menyambungkan mikrofon ke port khusus mikrofon pada laptop. Jika kamu menggunakan mikrofon internal, pastikan juga sudah mengaktifkan audio pada Windows.
  2. Klik Start Menu dan cari dengan mengetikkan voice recorder. Buka aplikasi Voice Recorder yang muncul pada hasil pencarian.
  3. Klik tombol Record (ikon mikrofon berwarna biru) untuk mulai merekam suara. Kamu juga bisa menggunakan shortcut Windows+R pada keyboard untuk memulai perekaman.
  4. Selama perekaman berlangsung, kamu bisa melihat durasi dan gelombang suaranya pada jendela aplikasi. Kamu juga bisa menambahkan penanda (flag) pada titik-titik tertentu yang ingin kamu tandai dengan klik ikon bendera.
  5. Jika kamu ingin menghentikan perekaman sementara, kamu bisa klik tombol Pause dan kemudian klik Play untuk melanjutkan perekaman.
  6. Jika kamu sudah selesai merekam, klik tombol Stop untuk mengakhiri rekaman dan menyimpannya secara otomatis dalam format .m4a pada folder documents di windows explorer.
Selain menggunakan fitur dari windows 10, kamu juga bisa merekam audio menggunakan software, misalnya audacity, sonar,studio one, fl studio dan software edit audio lainnya.

Semoga Bermanfaat 🙏🙏🙏 ...

Post a Comment for "Cara Merekam Audio Pada WIndows 10"