Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Penyebab Stang Gitar Melengkung

Pernah memiliki gitar jarak senar dengan fret gitar terlalu jauh, hal ini akan mempengaruhi jari Anda ketika bermain gitar. Jari tangan akan mudah lelah, rasanya perih karena saat menekan senar gitar jara antara senar dan fret agak tinggi.

Jika terjadi hal seperti ini, mungkin saja stang gitar anda sudah melengkung, dan harus di servise ke bengkel gitar. Untuk gitar baru saya rasa masih aman, tapi jia gitar sudah di pakai terlalu lama atau bertahun tahun maka kebanyakan stang gitar akan melengkung.


Stang gitar melengkung biasanya terjadi pada gitar harga murah di bawah standart, karena bahan2nya menyesuaikan dengan budget gitar. Berbeda dengan gitar mahal, pastinya akan memberi jaminan penuh dari gitar yang mereka jual.

Stang gitar yang melengkung dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

Suhu Dan Kelembaban.
Perubahan suhu dan kelembaban dapat menyebabkan bahan kayu pada stang gitar mengembang atau menyusut, dengan begitu stang gitar melengkung. Kasus ini biasanya terjadi pada stang gitar tanpa tertanam besi di dalamnya.

Bahan Kayu Jelek
Stang gitar yang dibuat dari bahan kayu yang buruk atau bahan kayu yang tidak sesuai untuk gitar dapat lebih mudah melengkung dibandingkan dengan bahan kayu yang berkualitas. Toh itu bukan jaminan, karena ada berbagai faktor lain yang bisa menyebabkan snar gitar melengkung.

Senar Gitar.
Ingat senar gita juga mempengaruhi stang gitar, ukuran senar gitar terlalu tebal atau besar dapat menyebabkan melengkungnya stang gitar. Tarikan senar gitar terlalu kencang, hal ini akan memengaruhi ketegangan pada stang gitar dan menyebabkan melengkung. Langkah terbaik sesuaikan senar gitar dengan gitar Anda, jangan memaksakan memasang gitar dengan ukuran yang gedhe.

Gitar Terjatuh
Jika gitar sering terjatuh, hal ini memengaruhi kekuatan tekanan pada stang dan menyebabkan melengkung, bisa jadi gitar Anda rusak parah. Langkah terbaik agar gitar tidak beresiko jatuh, silahkan prder dudukan gitar, agar aman dari bencana gitar terjatuh. Rawatlah dengan baik gitar kesayangan Anda, seperti merawat didri sendiri untuk menghindari stang gitar yang melengkung

Berikut cara merawat gitar kesayangan Anda agar awet 👍👍👍

Agar gitar terawat dengan baik, sebaiknya membersihkannya secara teratur dengan menggunakan kain lembut dan kering setiap kali selesai digunakan. Pastikan tidak ada sisa keringat atau kotoran yang menempel pada gitar.

Untuk menjaga kualitas kayu gitar, perlu dijaga kelembaban gitar dari cuaca. Pastikan untuk menyimpan gitar Anda pada suhu dan kelembaban yang stabil, karena gitar yang terlalu kering atau terlalu lembab dapat merusak kayu gitar. Jika diperlukan, gunakan humidifier untuk menjaga kelembaban gitar.

Untuk menjaga keamanan gitar saat tidak digunakan, sebaiknya simpan gitar dalam gig bag atau hard case. Pastikan untuk menempatkan gitar dengan hati-hati agar tidak terkena benturan atau terjatuh, sehingga gitar tetap aman dan terlindungi dari kerusakan.

Penting untuk menghindari paparan gitar pada suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Hindari menempatkan gitar di dalam mobil yang terparkir di bawah terik matahari atau di ruangan yang terlalu dingin.

Karena suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak kayu gitar dan memengaruhi kualitas suaranya. Sebaiknya simpan gitar pada suhu dan kelembaban yang stabil dan terhindar dari suhu yang ekstrem.

Agar gitar tetap berfungsi dengan baik, disarankan untuk mengganti senar secara teratur. Senar yang sudah aus atau kusut dapat merusak fretboard dan nut pada gitar dan memengaruhi kualitas suaranya. 

Ganti senar secara teratur untuk menjaga kualitas suara dan memperpanjang masa pakai gitar. Dengan begitu, gitar akan tetap berfungsi dengan baik dan menghasilkan suara yang baik dalam waktu yang lama.

Agar gitar selalu dalam kondisi baik, penting untuk melakukan perawatan rutin. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara merawat gitar dengan benar, sebaiknya bawa gitar ke tukang reparasi atau bengkel gitar untuk melakukan perawatan rutin.

Pada perawatan rutin tersebut dapat dilakukan hal-hal seperti mengganti fret atau menyetel neck, yang akan membantu memperpanjang masa pakai gitar dan menjaga kualitas suaranya. Dengan demikian, gitar dapat terus berfungsi dengan baik dan menghasilkan suara yang optimal. Semoga bermanfaat, terima kasih ...

Post a Comment for "Beberapa Penyebab Stang Gitar Melengkung"